Apa saja kesalahan graphics design yang sering terjadi pada katalog elektronik?

 

 

Katalog Online – Desainer grafis sangat berperan dalam pembuatan katalog elektronik. Selain atraktif dan user-friendly, mereka juga harus mempertimbangkan, apakah katalog bisa mengangkat jumlah penjualan? Jangan sampai desain katalog elektronik memiliki banyak kesalahan dan tidak efektif untuk kebutuhan marketing. Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut? Mari kita simak ulasannya di bawah ini!

  • Logo kekecilan

Logo terlalu besar memang tidak disarankan. Tetapi logo yang terlalu kecil sampai-sampai nama brand tidak kelihatan? Wah, itu sih kelewatan. Logo harus memiliki proporsi yang seimbang di dalam sebuah katalog elektronik. Bisa dibuat kontras bila perlu.

  • Desainnya membingungkan

Jika konsumen Anda bingung, produk A deskripsinya yang mana, produk B deskripsinya yang mana? Itu berarti desainer grafis telah membuat kesalahan dalam menata layout katalog elektronik Anda. Desain yang baik semestinya memiliki flow sehingga ada urutan yang membantu konsumen membaca satu per satu.

  • Tidak memperbarui cover

Kesalahan ini lumayan banyak ditemui pada desain katalog elektronik. karena kebutuhan untuk menonjolkan brand identity, cover hanya diberi sentuhan sedikit berbeda dari yang lama. Padahal ini bisa menyebabkan konsumen berpikir, “pasti isinya sama.” Dan akhirnya mereka tidak membuka. Anda melewatkan kesempatan untuk dilihat konsumen hanya karena cover tidak di update.

  • Tidak menonjolkan objek utama

Kesalahan ini sering tidak hanya pada katalog elektronik, tapi juga di katalog cetak. Ramainya background dalam sebuah katalog elektronik bisa menenggelamkan objek jualan itu sendiri. Biarkan produk yang Anda jual bersinar terang di setiap halamannya.

 

  • Terlalu ikut arus

Setiap tahun, ada tren warna yang ditetapkan oleh Pantone. Tapi katalog elektronik Anda tidak perlu selalu mengikuti tren warna jika memang terlalu beresiko untuk brand Anda. Jangan sampai karena ikut-ikutan yang sedang tren, brand Anda jadi kehilangan identitas dan katalog elektronik jadi terlihat tidak mengesankan dan meninggalkan impresi pada konsumen Anda. Ketimbang ikut trend, Anda dapat berdiskusi dengan desainer grafis mengenai konsep yang cocok untuk brand Anda dan mulai berkreasi dari sana.

 

Dengan selalu memperhatikan kesalahan-kesalahaan saat mendesain katalog elektronik di atas, semoga Anda dapat menemukan layout yang efektif untuk produk jualan Anda serta meningkatkan brand awareness konsumen terhadap logo Anda. Jika ingin membuat katalog elektronik yang menarik dan efektif, serahkan ke ahlinya.